Tujuan Kerja Sama

Program Kerja Sama Dalam Negeri secara spesifik bertujuan menyiapkan mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap menjadi bagian masyarakat yang kompeten dalam teknologi, sesuai standar nasional perguruan tinggi.

Secara tidak langsung Kerja Sama Dalam Negeri bertujuan:

  1. Meningkatkan kualitas lulusan Politeknik Negeri Cilacap dalam membangun masyarakat berbasis pengetahuan yang dapat memasuki pasar kerja n a s i o n a l d a n internasional dengan tambahan ketrampilan multi-bahasa, kemampuan komunikasi, negosiasi, pemahaman budaya dan aturan antar daerah,
  2. Meningkatkan pengembangan politik, hukum, ekonomi dan soiasl budaya berbasis pengetahuan.

Prinsip Kerja Sama

Pelaksanaan Program Kerja Sama Dalam Negeri wajib memenuhi ketentuan yang digariskan dalam penyelengggaraan pendidikan tinggi , ketentuan hukum nasional, dan hukum internasional yang berlaku. Pelaksanaan Program Kerja Sama Dalam Negeri dilaksanakan berdasarkan 5 (lima) prinsip:

  1. Pengutamaan kepentingan pembangunan nasional dan kontribusi pada masyarakat;
  2. Kesetaraan dan saling menghormati, artinya Politeknik Negeri Cilacap dapat menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi lain atau lembaga dalam negeri dengan tujuan meningkatkan kinerja program pendidikan tinggi. Oleh sebab itu, jalinan Kerja Sama hanya dapat dilaksanakan apabila perguruan tinggi dalam negeri tersebut telah diregistrasi dan diakreditasi oleh lembaga akreditasi yang diakui di Negara Indonesia;
  3. Nilai tambah dalam hal peningkatan mutu pendidikan, artinya Kerja Sama selayaknya dibangun secara inovatif, kreatif, bersinergi, dan saling mengisi agar dapat memberikan nilai tambah dalam bentuk peningkatan mutu pendidikan tinggi di Politeknik Negeri Cilacap;
  4. Keberlanjutan, artinya kerja sama sepatutnya memberikan manfaat setara bagi PNC dan pihak-pihak yang bekerja sama dan dilaksanakan secara berkelanjutan. Kerja Sama juga harus memberi manfaat bagi pemangku kepentingan dan berkontribusi dalam membangun perdamaian nasional, dan/atau internasional. Selain itu, kerja sama juga selayaknya dapat diperluas ke pihak-pihak lainnya;
  5. Keberagaman, artinya kerja sama selayaknya mempertimbangkan keberagaman budaya yang dapat bersifat lintas-daerah, nasional, dan/atau internasional.

Prosedur Kerja Sama

Dalam pelaksanaan kegiatan kerja sama Unit Kerja dan Bagian Kerja sama, Politeknik Negeri Cilacap harus memperhatikan tahapan dan prosedur dari kerja sama.

Tahapan dan prosedur kerja sama yaitu sebagai berikut:

  1. Penjajakan kerja sama dan analisis calon Mitra;
  2. Pengkajian kerja sama;
  3. Pengesahan kerja sama;
  4. Pelaksanaan kerja sama;
  5. Monitoring dan evaluasi pelaksanaan kerja sama;
  6. Pengembangan program; dan
  7. Pemutusan, perubahan, atau perpanjangan kerja sama.

Penjelasan dari tahapan dan prosedur kerja sama adalah sebagai berikut:

Tahapan awal dari mekanisme kerja samayang dilakukan oleh unit kerja (Jurusan/Prodi, Badan, Lembaga, PPs, dan unit kerjalain) atau bagian Kerja sama Politeknik Negeri Cilacap. Tahapan ini dilakukan setelah mendapatkanizin atau sepengetahuan unit kerja atau Bagian Kerja sama PNC.

Langkah-langkah dalam penjajakan kerja sama:

  1. Kerja sama harus mendapatkan izin atau sepengetahuan dari unit kerja atauBagian Kerja sama Politeknik Negeri Cilacap, kemudian diajukan secara tertulis dan ditujukankepada Direktur untuk dianalisis dan dinilai.
  2. Bila disetujui, direktur akanmenetapkan dalam surat keterangan persetujuan kerja sama.
  3. Setelah surat keterangan ditetapkan, maka Unit kerja dapat menindaklanjutidan dibahas bersama antar Unit Kerja atau Bagian Kerja Sama dengan UnitKerja dan/atau pejabat terkait yang diwujudkan dalam rencana kerja sama.

Suatu tahapan untuk menindaklanjuti kerja sama yang dituangkan dalam rancangan Nota Kesepahaman dan/atau Perjanjian Kerja Sama oleh Unit Kerja atau Bagian Kerja Sama PNC.

Pengesahan kerja sama dilanjutkan dengan tahap pelaksanaaan, monitoring dan evaluasi, pengembangan program dan perpanjangan kerja sama bila waktu kerja sama telah berakhir sesuai kesepakatan para pihak.

Rencana kerja sama yang dilakukan oleh perorangan, kelompok atau unit kerja di lingkungan Politeknik Negeri Cilacap harus dipayungi dengan MoU terlebih dahulu. Naskah Perjanjian Kerja sama yang masih dalam bentuk MoU perlu dituangkan dalam bentuk Nota Kesepakatan atau MoA. MoU dan/atau MoA dibuat oleh pengusul dan mitra kerja dan disepakati oleh pihak yang bekerja sama. Berita Acara Kegiatan (Minutes of Meeting) dibuat oleh pengusul dan mitra kerja dan disepakati oleh pihak yang bekerja sama.

Nota Perjanjian Kerja sama berupa MoU dan/atau MoA merupakan bagianterkait atau terpisah tergantung pada kesepakatan yang dibuat oleh para pihakyang bekerja sama. MoU ditandatangani oleh Direktur dan pimpinan mitra kerja.

Setiap kerja sama berlaku selama masa yang disetujui bersama oleh para pihak yang bekerja sama terhitung mulai tanggal penandatanganan nota perjanjian kerja sama.

Penandatanganan nota perjanjian kerja sama baru dapat dilaksanakan setelah dicapai kesepakatan tentang materi MoU dan/atau MoA. Tanggal dan tempat pelaksanaan penandatanganan MoA dikoordinasikan oleh Direktur.

WeCreativez WhatsApp Support
Tri Jatmiko Purnomo, S.E.
Hi, apa yang bisa kami bantu?